Cara ternak kenari yang mudah dilakukan menjadi alasan kenapa kini banyak yang melakukannya. Selain mudah dilakukan, budidaya burung kenari pun bisa menjadi pilihan bisnis potensial di tahun 2021 ini.

Harus diakui jika burung kenari termasuk satu diantara jenis burung yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Terlebih lagi dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi kenari dikenal memiliki kicauan yang sangat merdu. Ditambah lagi warna bulunya pun terbilang sangat eksotis.

Sehingga tidak mengejutkan jika kerap kali menjadi pilihan utama para pecinta burung untuk dipelihara. Dan ini adalah fakta yang tidak bisa di pungkiri lagi. Nah, jika memang seperti itu, mengapa Anda tidak mencoba memanfaatkan peluang bisnis ini? Semisal dengan ternak kenari sendiri di rumah.

Mengetahui Kenari Jantan dan Betina

Pengetahuan paling mendasar yang harus dimiliki ketika ingin ternak burung kenari. Lalu bagaimana cara membedakannya?

1. Burung Kenari Jantang

Kenari jantan umumnya memiliki bentuk badan yang cenderung ramping memanjang. Kemudian lehernya pun rata-rata lebih panjang. Selain itu kenari jantang lebih sering berkicau dan kicauannya terdengar nyaring. Dubur kenari jantan lebih menonjol, tegak lurus dan vertikal.

2. Burung Kenari Betina

Bentuk tubuh kenari betina rata-rata bulat dan lehernya lebih pendek. Bunyi kicauannya kurang nyaring dengan intensitas yang tidak terlalu sering. Dubur kenari betina tidak menonjol tetapi datar.

Ciri-ciri Kenari Siap Kawin

Mengetahui apakah burung kenari siap kawin ataukah belum sangatlah mudah. Sebab ada ciri-ciri yang bisa dilihat. Inilah ciri-ciri kenari yang sudah siap kawin:

1. Kenari Jantan

Kenari jantan yang siap kawin umumnya menjadi hiperaktif. Kenari sering melompat-lompat, sering mengepak-ngepakkan sayapnya, dan ada juga yang sampai menabrak-nabrakkan kepalanya ke sangkar. Selain itu intensitas kicauannya pun menjadi lebih sering.

2. Kenari Betina

Sementara itu kenari betina yang siap kawin seringnya akan mengepak-ngepakkan sayapnya. Selain itu umumnya akan mematuk-matuk apapun yang berada di dalam sangkarnya.

Menjodohkan Burung Kenari

Ternyata burung kenari ini tipe hewan yang butuh saling mengenal sebelum melakukan perkawinan. Agar kenari jantan dan betina bisa saling tertarik, Anda bisa mendekatkan kandang keduanya. Atau Anda bisa menyekat kandang dengan menggunakan jaring kawat.

Sebenarnya ada ciri-ciri tertentu jika kenari jantang tertarik dengan kenari betina. Kenari jantan akan menyuapi kenari betina meskipun berbeda kandang sekalipun. Selain itu kenari jantan akan sering berkicau. Kicauan ini adalah cara kenari jantan menggoda kenari betina.

Mengawinkan Burung Kenari

Jika sadah anda tanda-tanda berjodoh, segeralah untuk menggabungkan keduanya dalam satu kandang. Di sarankan untuk dilakukan saat sore hari. Setelah itu coba lihat, apakah keduanya saling menyuapi ataukah tidak.

Jika momen romantis itu sudah terlihat, maka ini tandanya proses perkawinan akan segera terjadi. Setelah pagi hari, tepatnya pada jam 7 hingga 9, pisahkan lagi keduanya. Nanti setelah sore hari satukan kembali. Lakukan hal ini sampai kenari betina bertelur.

Pengeraman dan Penetasan Telur Kenari

Setelah kenari betina bertelur, kini saatnya melakukan proses pengeraman. Hal penting yang harus Anda ingat betul adalah satukan kenari jantan dan betina dalam satu kandang. Tujuannya agar kenari betina betah berada di sarangnya dan mengerami telurnya. Sebab kenari jantang terus menyuapi betinanya.

Tetapi hal ini bisa dilakukan jika kenari betina hanya satu saja. Namun jika kenari betinanya dua atau lebih, sebaiknya Anda pisahkan pejantannya. Sementara itu, waktu yang dibutuhkan hingga telur kenari menetas adalah 14 hari.

Catatan penting lain yang harus diingat adalah selama proses pengeraman telur ini usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kandang. Selain itu cek ketersediaan makanan dan minumannya. Jangan sampai habis.

Itulah beberapa langkah saat Anda ingin budidaya burung kenari. Salah satu pilihan bisnis potensial saat ini. Atau jika Anda ingin ide bisnis lain yang masih berhubungan dengan ternak hewan, https://zonaternak.com/ adalah tempatnya. Semoga ulasan singkat tentang cara ternak kenari ini bisa sedikit membantu.