SEO adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimization. Nama ini jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah optimalisasi mesin pencari. Tujuan pengoptimalan mesin pencari ini adalah agar sebuah website mendapatkan peringkat yang tinggi dalam mesin pencari dan selalu berada di urutan atas pada hasil pencarian. Jadi SEO adalah cara yang digunakan untuk membuat website menjadi populer. Pengoptimalan juga tidak hanya dilakukan untuk mendapatkan peringkat dan posisi yang tinggi tapi juga agar pengunjung website adalah orang-orang yang memang membutuhkan informasi dari situs tersebut. Pencarian yang tepat sasaran ini juga menjadi bagian dari SEO. Menguasai SEO mempermudah orang untuk memperkenalkan sesuatu dengan cepat.

Dampak Penggunaan SEO dalam Sebuah Website

Penggunaan SEO dalam sebuah website akan membuat website dikunjungi oleh banyak orang. Pada saat mencari sesuatu dalam mesin pencari orang hampir selalu memilih hasil paling atas terlebih dahulu kemudian baru mencari judul yang dirasa lebih relevan dengan apa yang dicari. Ini adalah kebiasaan banyak orang dan walaupun pencari informasi tersebut memilih untuk teliti pada akhirnya hasil yang paling atas tetap dibuka lebih dulu. Pengunjung website jug tidak diharapkan untuk masuk kemudian menutup website karena mereka merasa isi dari website tidak relevan dengan apa yang mereka cari atau merasa isi website tidak menarik. Membuat website menjadi tepat sasaran sehingga mudah dijangkau pengguna juga menjadi tujuan utama dari SEO.

SEO menggunakan cara kerja yang berhubungan dengan persyaratan yang ditetapkan oleh mesin pencari untuk membuat sebuah situs berada di peringkat paling atas. Persyaratan tersebut akan membuat situs akan langsung menjadi pilihan pertama atau bahkan satu-satunya informasi untuk keyword tertentu. Oleh karena itu SEO akan mengatur segala hal yang berada di dalam website mulai dari url, judul sampai aturan pembuatan konten. Kemudian SEO juga akan mengatur beberapa hal yang berada diluar website sehingga pada akhirnya  sebuah website dianggap oleh search engine layak untuk berada di pencarian teratas. Sistem peringkat digunakan search engine untuk menentukan kelayakan website untuk berada di peringkat teratas dan website yang layak harus memenuhi sejumlah syarat tertentu. Karena tingkat kesulitan yang tinggi tidak jarang pemilik website memilih untuk menggunakan digital agency dalam pengelolaan SEO.

Syarat Website Berada di Peringkat Paling Atas

Mesin pencari akan melihat sebuah website dari berbagai aspek. Salah satu aspek yang mudah dijangkau adalah url. Url yang pendek selalu mendapatkan penilaian yang positif dari mesin pencari. Konten adalah hal penting kedua. Konten harus dibuat dengan susunan yang benar dan sebuah website harus memiliki cukup banyak konten untuk berada pada peringkat paling atas. Konten juga harus memiliki struktur yang memungkinkan pengguna dapat menemukan apa yang mereka inginkan dengan mudah. Penggunaan poin-poin dan sub judul adalah hal yang penting dalam penilaian sebuah website oleh mesin pencari. Selain itu konten juga harus memiliki rangkuman singkat mengenai isi dari konten tersebut dan memiliki sejumlah tags yang cukup menjelaskan apa yang akan ditemukan di dalam konten.

Website juga harus dirancang agar sesuai dengan tujuan pencarian. Penggunaan keyword tertentu biasanya ditujukan untuk mencari situs tertentu dan hal ini akan dijadikan penilaian oleh mesin pencari. Selain itu keamanan dari sebuah website juga menjadi perhatian dari mesin pencari. Mesin pencari akan secara otomatis menganggap website yang menggunakan alamat http sebagai website tidak aman. Website seperti ini akan dikecualikan atau muncul pada bagian bawah dari mesin pencari. Terdapat juga aturan kecepatan memuat halaman yang ditetapkan oleh mesin pencari sebagai syarat mencapai peringkat yang baik.